Sabtu, 14 April 2012

MABUK LAUT, UDARA DAN KENDARAAN


Mabuk laut, mabuk udara maupun mabuk kendaraan merupakan gangguan sensitivitas yang berkaitan dengan gerakan.

Penyebab keadaan ini karena penerimaan saraf sensorik yang tidak sempurna, serta melibatkan mata dan rongga telinga bagian dalam atau sistem vestibular ( berhubungan dengan keseimbangan ) yang mengirim perintahbertentangan ke otak,. Penerimaan saraf sensorik yang tidak sempurna terjadi jika apa yang direkam oleh sistem vestibular tidak cocok dengan yang dilihat mata.
 Seseorang dapat mengalami mabuk jika alat keseimbangan yang berada dalam rongga telinga ( labirin ) terganggu setelah merasakan berbagai macam gerakan, seperti naik turun, berkelok - kelok, benturan - benturan kecil, terutama dalam kendaraan yang tengah berjalan biasanya mulai terasa mual. Pada umumnyaseseorang yang mempunyai pembawaan mabuk, saluran pencernaan dalam tubuhnya kurang bagus karena terjadi penyempitan atau penebalan dalam otot pylorus. Ketika bayi jika sebelum 24 jam sudah mengalami muntah akan mempunyai pembawaan mabuk hingga dewasa.
Mabuk juga dapat karena factor psikis, terutama pada orang yang psikisnya labil. Mabuk juga dapat disebabkan perubahan cuaca dari panas sekali menjadi dingin sekali.

Obat anti mabuk kebanyakan mengandung antihistamine dan umumnya menggunakan dimenhydrinate, dengan efek antikolinergik dan depresi susunan saraf sentralyang menimbulkan rasa kantuk dan mengurangi daya koordinasi, sehingga alat keseimbangan seseorang tidak terganggu dan tentu tidak akan mabuk. Sebaiknya obat antimabuk diminum 1-2 jam sebelum perjalanan dan sering memejamkan mata atau tidur untuk menghindari mabuk.

0 komentar:

Posting Komentar