Selasa, 17 April 2012

POSISI JANIN SUNGSANG


Letak janin bergantung pada proses adaptasinya di dalam rahim. Posisi janin sungsang artinya janin dalam posisi memanjang dengan kepala di bagian atas rahim ( fundus uteri ) dan bokongnya ada di bagian bawah.

Umumnya pada kehamilan trimester kedua, posisi sungsang sudah dapat di deteksi, seperti kandungan terasa penuh di bagian atas dengan gerakan janin terasa lebih banyak di bagian bawah.

Langkah awal mendeteksi posisi sungsang :

Pemeriksaan luar
  • Meraba bagian bawah rahim : Apakah ada bagian yang keras dan bulat menyerupai kepala di daerahtersebut, bila tidak ada, maka kemungkinan posisi janin sungsang. Jangan keliru dengan bagian bokong yang juga terasa berbentuk bulat. Caram embedakan kepala dan bokong adalah dengan menggerak - gerakkan bagiantersebut secara perlahan. Jika tak mau bergerak atau terasa sulit sekali bergerak, dapat dipastikan itu adalah bokong. Kepala lebih mudah digerakkan daripada bokong.
  • Meraba bagian atas rahim : Andaikan posisi janin memang sungsang, maka akan teraba kepalanya pada bagian ini. Denyut jantung janin akan teraba di posisi setinggi atau sedikit lebih tinggi dari pada pusar ibu.

Pemeriksaan dalam atau dengan pemeriksaan ultrasonografi ( USG )

4 posisi sungsang pada janin :

1. Presentasi bokong
Pada pemeriksaan dalam yang dapat teraba hanya bokong bayi saja. Terjadi karena janin meluruskan (ekstensi ) kedua sendi lututnya, sehingga kedua kaki mengarah ke atas dan kedua ujungnya sejajar dengan bahu atau kepala.

2. Presentasi bokong kaki sempurna
Kala pemeriksaan dalam dilakukan, bokong dan kedua kaki dapat teraba.

3. Presentasi bokong kaki tidak sempurna
Bagian bokong teraba dengan satu kaki di sampingnya, sedangkan kaki yang lainterangkat ke atas.

4. Presentasi kaki
Yang teraba lebih dulu adalah salah satu atau kedua kaki k arena posisi kaki berada dibagian paling rendah.

0 komentar:

Posting Komentar