Selasa, 01 Mei 2012

Sapi FREEMARTIN


Definisi dari freemartin adalah sapi betina yang lahir kembar dengan sapi jantan. Sapi freemartin sepenuhnya adalah majir sehingga tidak dapat mengalami proses reproduksi, sedangkan pada sapi jantan kembaran dari sapi freemartin mempunyai kesuburan yang normal setelah dewasa.

Pada beberapa kasus kesuburan sapi jantan kembar berbeda jenis kelamin ini dapat menurun dan menjadi majir setelah berumur beberapa tahun.

Teori hormonal yang berkaitan dengan kemajiran pada sapi freemartin menerangkan bahwa pada kebuntingan kembar berbeda jenis kelamin terjadi perkembangan testis dari fetus jantan yang lebih cepat dari pada ovarium fetus kembar yang betina, sehingga hormon androgen dihasilkan lebih dahulu. Pada ternak sapi yang bunting kembar selalu terjadi pertautan antara selaput fetus yang satu dengan selaput fetus yang lain, disertai dengan adanya anastomosa pembuluh darah dari kedua fetus, akibatnya terjadi percampuran darah antara kedua fetus jantan dan betina sehingga hormon androgen dari fetus jantan akan masuk ke dalam tubuh fetus betina. Hormon androgen di dalam tubuh fetus jantan mampu menghambat pertumbuhan alat kelamin betina sehingga tidak tumbuh dengan sempurna dan tetap kecil keadaannya sampai dewasa.

Sapi betina lahir kembar dengan anak sapi jantan yang bukan freemartin juga dapat terjadi, hal ini dikarenakan selaput korion kedua fetus yang berbeda jenis kelamin gagal mengadakan pertautan setelah terjadi perkembangan alat kelamin sehingga alat kelamin betina tumbuh normal.
Gejala yang ditunjukkan sapi freemartin adalah :
Kelenjar ambing dan puting susu tetap kecil, keadaan ini mudah dibedakan dengan ambing normal setelah berumur dua bulan atau lebih.
 
Alat kelamin tidak tumbuh secara normal, seperti : 
  • Vulva berbentuk kecil dan rambut yang ada di bawah vulva tumbuh lebih lebat.
  • Klitoris berkembang menjadi lebih besar.
  • Vagina berukuran kecil dan pada ujung depan buntu.
  • Serviks tidak tumbuh secara sempurna.
  • Uterus ukurannya kecil seperti pita.
  • Tuba falopii tidak teraba.
  • Ovarium sangat kecil sehingga berupa penebalan jaringan.
Pada perabaan melalui rektal, semua saluran reproduksi dan ovarium tidak dapat teraba kecuali uterus.

Sapi freemartin tampak seperti sapi jantan dan selalu dalam keadaan anestrus.
Diagnosa terhadap freemartin adalah dengan menggunakan alat bantu gelas tumpul berukuran16 mm yang dimasukkan ke dalam vagina. Pada sapi betina normal, batang gelas dapat masuk sejauh 12 - 15 cm, sedangkan pada vagina sapi freemartin batang gelas yang hanya dapat masuk sedalam 5 - 6 cm saja, hal ini dikarenakan saluran vagina jauh lebih pendek. 

0 komentar:

Posting Komentar