Senin, 30 April 2012

COPROPHAGY


Coprophagy berasal dari bahasa yunani " copro " yang artinya feses dan " phagy " yang berarti makan sehingga coprophagy dapat didefinisikan sebagai kebiasaan hewan tertentu yang memakan fesesnya sendiri.
Beberapa anjing juga suka memakan fesesnya sendiri sama seperti hewan herbivora ( kelinci, rusa dan kuda ), hal ini biasanya dipicu anjing stres dengan kondisi kandang terlalu padat. Anjing yang suka makan fesesnya bukan karena kekurangan asupan pakan.
Anjing mungkin makan feses dari herbivora untuk melengkapi kebutuhan vitamin karena herbivora makan tumbuhan yang banyak mengandung vitamin B. Coprophagy pada anjing juga mungkin sebagai bentuk kebiasaan sejak kecil yang tidak diketahui pemilik hewan, seperti anak anjing yang suka memakan apa saja yang ada didekatnya.

Cara terbaik untuk mencegah coprophagia adalah menjaga lingkungan kandang dan sekitar tempat tinggal anjing agar bebas dari feses, baik fesesnya sendiri maupun feses hewan lain. Pada leher anjing harus diberi pengikat ketika sedang berjalan agar kita dapat mengendalikan anjing jika dia tertarik melihat gundukan feses yang nampak lezat baginya. Kadang untuk anjing yang tetap bandel kita harus mencegah coprophagy dengan mencocok moncong anjing dengan benda tumpul.

Berikan mainan tambahan atau apapun yang lebih menarik pada lingkungan sekitar tempat tinggal anjing kiranya cukup membantu mengalihkan kebiasaan buruk coprophagy. Pada kondisi di mana kebiasaan ini muncul berkaitann dengan stres, maka penyebab stres harus dieliminasi atau sedikitnya dikurangi. Ada baiknya jika anjing mendapat pakan yang cukup vitamin B dan tidak diberikan karbohidrat secara berlebihan untuk mencegah coprophagy. Beberapa anjing akan memperbaiki kebiasaan coprophagy jika mereka diberi makan lebih sering, maka sebaiknya Anda mungkin menambah porsi makan anjing Anda.

Kebiasaan coprophagia resiko tinggi untuk kesehatan karena banyak parasit dapat ditularkan melalui sisa makan mengapa demikian sebab herbivora mempunyai parasit spesifik dan biasanya parasit ini tidak akan menyebabkan penyakit pada hewan karnivora, namun coprophagy menjadi sangat berbahaya jika seekor anjing memakan feses dari anjing lain atau kucing yang telah terinfeksi parasit berulang-kali seperti coccidian, cacing gelang, cacing cambuk, hal ini akan menimbulkan penyakit serius terutama jika feses mencemari lingkungan selama 2 – 3 minggu atau lebih. 

0 komentar:

Posting Komentar