Selasa, 17 April 2012

PENYALAGUNAAN NARKOTIKA DAN PSIKOTROPIKA


Narkoba adalah zat atau obat yang diproduksi dari sejenis tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, serta mengakibatkan ketergantungan.

Jenis - jenis narkoba berdasarkan proses pengolahan :

1. Candu ( opium ).
Hasil olahan getah dari buah tanaman papaver somniferous, meliputi opiummentah, morphin, codein, pethidine, dan methadone.

2. Cocaine ( ery throxilon coca ).
Hasil olahan dari tanaman coca, meliputi cocaine, amphetamines, penmetrazine,methylpenidate dan derivat.

3. Ganja ( cannabis sativa ).
Meliputi marihuana, hashis oil dan hasis.
Psikotropika merupakan zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis tetapi bukan narkoba, yang berkhasiat psychoactive melalui pengaruh selective pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktifitas mental dan perilaku.

Jenis - jenis psychotropic berdasarkan pengaruh penggunaan terhadap susunan saraf pusat manusia :

1. Depresant.
Bekerja mengurangi aktifitas susunan saraf pusat. Contoh : sedatin, rahypnol,megadone, valium dan madrax.

2. Stimulant.
Bekerja mengaktifkan kerja susunan saraf pusat. Contoh : amphetamine.

3. Hallusinogen.
Bekerja menimbulkan perasaan halusinasi. Contoh : tiderip asid dhietilamide,psilocybin dan micraline.

Penyalagunaan narkotika maupun psychotropic yang dimaksud adalah penggunaan diluar aturan kesehatan dengan tanpa pengetahuan ilmu kedokteran yang cukup. Adadua hal pokok efek samping penyalahgunaan narkoba dan psychotropic, yaitu :

1. Secara umum.
Hal ini meliputi perilaku seperti sering menguap, keluar air mata, keluar keringat, keluar ingus, menggigil, gelisah, muntah, diare, putus asa, kejang,pingsan,hilangnya nafsu makan, sulit tidur, tekanan darah naik, nyeri pada semua otot, kepala terasa mau pecah, mendadak menjadi pemberani dan meninggal dunia.

2. Secara khusus.
Terjadi perubahan sifat yang drastic dan cenderung destructive, seperti suka menggunakan kacamata hitam, senang menyendiri, tidak disiplin, pembohong,melakukan tindakan kriminal.

0 komentar:

Posting Komentar