Kamis, 19 April 2012

SUNAT PADA BAYI


Tindakan sunat atau sirkumsisi adalah suatu tindakan membuang kulit kulupg land penis pada laki - laki dan membuang sebagian jaringan dari kulup glandklitoris pada wanita.
Tindakan sunat umumnya dilakukan pada laki - laki .

Tindakan sunat dilakukandengan tujuan sebagai berikut :
  • Menjagakebersihan atau hygiene daerah sekitar lubang pengeluaran air seni.
  • Mencegah terjadinya infeksi saluran kemih.
  • Mengurangi resiko kanker testis.

Sunat dapat dilakukan pada usia berapa pun tanpa ada batasan,semakin dini tentu semakin baik dengan pertimbangan jika sunat dilakukan pada masa kanak - kanak diharapkan proses penyembuhan lebih cepat karena jarang terjadi komplikasi yang berkaitan dengan kesehatan tubuh akibat pertambahan usia, selain itu efek samping setelah tindakan sunat akibat terlalu banyakbergerak seperti jahitan kulit yang terlepas atau infeksi yang mengeluarkan darah/nanah dapat diminimalkan.

Penggunaan sinar laser pada tindakan sunat bertujuan untuk mengurangi perdarahan sehingga proses penyembuhan luka berlangsung lebih singkat dibandingteknik sunat konvensional yang membutuhkan waktu penyembuhan sekitar 5 – 7 hari. Sunat laser dapat disarankan untuk dilakukan pada bayi yang memiliki berat badan ideal karena waktu pelaksanan tidak lebih dari 15 - 30 menit dan disertai dengan pertimbangan keuntungan seperti tersebut di atas.

0 komentar:

Posting Komentar