Selasa, 17 April 2012

PERAWATAN DASAR UNTUK JERAWAT


Ada empat perawatan dasar untuk jerawat yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah, sebagai berikut :

1. Memperbaiki gaya hidup.
Keteraturan dalam menjalankan rutinitas harian merupakan hal baik namun sulit diterapkan, sebut saja tidak semua orang dapat tidur delapan jam setiaphari, tepat makan tiga kali sehari, dan minum air putih delapan gelas setiapharinya. Oleh karena itu perubahan gaya hidup dan kedisiplinan merupakan kunciAnda dalam mengendalikan jerawat sekalipun rutinitas padat.

Usahakan secara teratur setiap hari kompres jerawat dan pustula dengan air hangat, lakukanpijatan ringan pada wajah, dan jangan pernah memencet jerawat hingga pecah agar tidak menimbulkan bintik hitam pada wajah.

2. Membersihkan pori - pori kulit.
  • Gunakan krim pembersih kulit.
  • Cuci wajah menggunakan sabun khusus pembersih muka ( sepertiDove, Neutrogena, Basis, Purpose, dan Cetaphil ) sekali atau dua kali seharidengan tujuan untuk menjaga kebersihan kulit wajah dan meminimalkan kulit menjadi mudah iritasi.
  • Berbagai scrub lembut, exfoliants, dan masques dapatdigunakan. Produk ini mengandung butiran halus maupun asam salisil dalam konsentrasi tertentu yang mampu membantu pengelupasan kulit. Produk ini dapatmemperbaiki lapisan terluar kulit, dan dengan begitu akan pori - pori terbuka.
  • Penggunaan retinol.
  • PenggunaanRetin-A ( derivat vitamin A ) untuk membantu pengelupasan kulit.

3. Membunuh bakteri.
Penggunakan clean seranti bacterial, salah satu yang paling terkenal adalah benzoyl peroksida. Produk tersebut dalam bentuk gel, krim,dan lotion, yang dioleskan pada area yang berjerawat. Bahan aktif sebagaiantibakterial meliputi benzoyl peroksida, belerang, dan resorcinol. Benzoylperoksida menyebabkan kemerahan, kulit bersisik pada sebagian orang, jika terjadi reaksi alergi sebaiknya hentikan penggunaan produk tersebut. Perlu diketahui benzoyl peroksida merupakan bleach, jadi jangan biarkan produk yang berisi benzoyl peroksida mengenai pakaian, kemeja, atau handuk berwarna.

4. Mengurangi minyak pada wajah.
Anda tidak bisa menghentikan kelenjar minyak memproduksi minyak( kecualijika ada masalah metabolisme atau hormon ). Bahkan isotretinoin hanya mampu menghambat produksi minyak.

Cara mengurangi kilauan minyak pada permukaan kulit wajah :
  • Gunakan astringent atau toner untuk menyeka kelebihan minyak.
  • Penggunaan produk yang mengandung asam glycolic atau salahsatu asam alpha-hydroxy juga membantu membersihkan kulit melalui pengelupasan lapisan superfisial kulit.
  • Masque mengandung belerang yang mampu menarik kelebihan minyak pada wajah . keluar masase muka oil.
  • Pada antibacterial mengandung benzoyl peroksida yang mempunyai manfaat tambahan membantu menyeka minyak.


0 komentar:

Posting Komentar