Senin, 30 April 2012

BAHAYA SHOCK ELEKTRIK PADA ANAK ANJING


Anak anjing suka mengunyah benda apapun merupakan behaviour yang alami, tetapi menjadi masalah penting jika anak anjing mengunyah tali yang dihubungkan stop kontak electric maka anak anjing akan mengalami shock elektrik tingkat tinggi dan kondisi ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan paru - paru.
Tanda jika anak anjing mengunyah karet pembungkus kabel listrik : 
  1. Anak anjing akan mengalami shock tingkat tinggi sebagai efek kontak gigi nya dengan kawat bagian dalam dari kabel listrik.
  2. Anak anjing akan menjerit nyaring pada saat terkejut.
  3. Mulut mungkin telah mengalami rasa terbakar yang parah, terutama atap mulut dan area lidah, area tersebut akan menjadi iritasi dan merah.
  4. Pada beberapa hari jaringan yang terbakar akan mati dan mulai terkelupas.
Resiko shock elektrik : 
  1. Shock elektrik selalu berbahaya karena berpotensi mengancam kelangsungan hidup.
  2. Kerusakan paru - paru biasanya terisi dengan cairan ( edema ) selama beberapa hari menyertai shock elektrik.
  3. Anak anjing dengan kondisi paru - paru yang rusak sebagai akibat shock elektrik akan menyebabkan kesulitan bernafas waktu sulit dan dapat berakibat kematian jika tidak memperoleh penanganan medis yang tepat.
Monitoring kondisi anak anjing setelah terjadi shock elektrik : 
  1. Bagian manapun anak anjing yang mengalami shock harus dimonitor selama beberapa hari terutama terhadap bagian yang terbakar dan kerusakan paru - paru.
  2. Berbagai pengobatan yang tersedia di bawah pengawasan Dokter hewan dapat membantu memperbaiki kerusakan paru - paru dan bagian yang terbakar.
  3. Dalam semua kasus yang dicurigai sebagai efek dari shock elektrik segera konsultasi dengan Dokter hewan agar kondisi umum tidak semakin parah.
Pencegahan shock elektrik dalam rumah tangga : 
  1. Jika mungkin tidak meninggalkan kabel terekspose dan gunakan pembungkus kabel tabung plastik( pipa PVC ).
  2. Gunakan unsur pahit seperti Chew Stop dan Bitter Apple dapat disemprotkan pada bagian kabel untuk menakut - nakuti anak anjing supaya berhenti mengunyah.
  3. Lepas semua kabel dari steker jika anak anjing ditinggal sendiri di rumah tanpa pengawasan.

0 komentar:

Posting Komentar