Selasa, 17 April 2012

PERKEMBANGAN DAYA INGAT BAYI


Kemampuan daya ingat pada bayi mengalami perkembangan seiring dengan pertumbuhan tubuhnya. Oleh karena itu kita perlumengetahui periode - periode tertentu yang potensial dalam perkembangan daya ingat bayi sehingga dapat mengeliminasi kemungkinan adanya gangguan baik daridalam maupun luar tubuh yang akan menghambat proses ini.

1. Periode 0 - 6 bulan.
Pada minggu - minggu pertama saat bayi dilahirkan, kemampuan mengingat dan pemahaman bayi terhadap suatu benda masih sangat terbatas, dia belum mampu membedakan ada tidaknya suatu benda, dia menganggap benda yang tidak terlihat memang benar - benar hilang dan tidak ada lagi.

Setelah 4 minggu, 
bayi mulai paham bahwa akan keberadaan ibunya. Untuk itu seorang ibu sangat berperan mengembangkan daya ingat bayi mulai periode ini dengan cara sering memeluk dan membuai si kecil dengan kasih sayang, melakukan rutinitas bersama si kecil dalam waktu, tempat dan cara yang sama.

Pada usia sekitar 2 - 4 bulan, 
bayi mulai paham jika tangan dan kakinya digerakkan dengan cara tertentu, maka mainan yang ada di dekatnya akan bergerak. Pada periode ini agar daya ingat bayi semakin meningkat berilah kesempatan bereksplorasi misalnya dengan mainan warna - warni cerah yang mampumengasah daya ingat melalui indra penglihatannya. Berikan juga mainan dengananeka tekstur yang bias diraba atau ditekan, dan mainan bersuara yang bias di dengar karena pada masa ini dia mulai mengenali bunyi.

2. Periode 6 - 12 bulan.
Pada periode ini si kecil sudah paham bahwa benda yang saat itu tidak terlihat, bukan berarti hilang atau lenyap. Masa ini sebaiknya dimanfaat seorang ibu untuk membangun rasa percaya diri bayi sejak dini denganmeyakinkan dia seandainya ibu pergi meninggalkannya sesaat, pasti akan segera kembali untuk menemuinya lagi.

Pengenalan dan penyesuaian terhadap hal - hal baru juga dapat dilatih mulai periode ini dengan tetap membawa benda atau mainan kesayangannya kemanapun dia pergi agar timbul rasa aman dan nyaman.
Memasuki usia 9 bulan, bayi mulai paham jika dia melempar sesuatu pasti jatuh ke arah bawah, kemudian dia akan mengarahkan pandangan kearah jatuhnya benda tersebut. Pada masa ini cobalah merangsang daya ingatnya dengan bercerita disertai nada suara berbeda - beda untuk tiap tokoh dan gerakantangan atau tubuh anda untuk menggambarkan peran tokoh tersebut. Menjelangakhir tahun pertamanya, bayi sudah berhasil mengembangkan kemampuan menginga tyang lebih kompleks. Dia sudah mampu mengenal rutinitas hanya dengan melihat benda yang anda bawa, misal jika anda membawa piring dia langsung tahu sebentarlagi waktu makan. Bahkan bayi mampu mengingat kejadian yang membuatnya tidak nyaman, misal dia pernah disuntik dokter suatu saat bila diajak ke rumah sakitakan timbul katakuatan pada hal yang pernah dialami.

0 komentar:

Posting Komentar