Kamis, 19 April 2012

TERAPI UNTUK KELOID


Metoda yang tersedia sekarang untuk terapi keloid sebagai berikut :

1. Injeksi kortison ( intralesionalsteroids ).
Metode ini aman dan tidak memberikan rasa nyeri. Injeksi pada umumnya diberikan sekali tiap bulan sampai memperoleh manfaat maksimal. Injeksi yang aman ( sangat kecil steroid yang masuk ke tubuh ) dan biasanya membantu meratakan keloid. Injeksi steroid dapat juga meratakan keloid yang kemerahan oleh rangsangan pembentukan pembuluh darah superfisial ( ini dapat dilakukan dengan menggunakan laser ). Keloid akan tampak lebih baik setelah terapi disbanding kondisi awal sebelum mendapat terapi apapun, akan tetapi bahkan hasil terbaikpun tetap meninggalkan bekas yang masih dapat terlihat meski agak samar dan nampak berbeda dari kulit sekitar yang tanpa keloid.

2. Tindakan operasi.
Metode ini penuh resiko sebab untuk menghilangkan keloid dapat memicupembentukan keloid serupa atau bahkan keloid lebih besar.Beberapa ahli bedahmencapai sukses dengan injeksi steroids atau penerapan pressure dressings tepatpada lokasi luka setelah menghilangkan keloid tersebut. Radiasi setelah tindakan operasi dapat pula digunakan.

3. Laser.
The pulsed-dye Laser dapat efektif pada perataan keloid dengan bekas keloid terlihat sedikit merah. Terapi ini aman dan tidak menimbulkan rasa nyeri, tetapi beberapa sesi terapi mungkin perlu dilakukan untuk mencapai hasil maksimal.

4. Lapisan silikon.
Metode ini melibatkan pemakaian lembaran silikon gel pada area yang terpengaruh dalam waktu beberapa jam sehari untuk minggu atau bulan untuk hasil variable tergantung tingkat keparahan keloid. Beberapa doktor mengakui sukses serupa dengan compression dressings dibuat dari material selain silikon.

5. Cryotherapy.
Pembekuan keloid dengan cairan nitrogen juda mampu meratakan keloid, tetapi sering menggelapkan kulit sekitar area yang diterapi.

6. Interferon.
Interferons merupakan protein yang diproduksi oleh sistem imun tubuh yang berperan membantu mengatasi virus, bakteri, dan benda asing lain yang berpotensi menimbulkan penyakit. Injeksi interferon sudah menunjukkan hasil dalam mengurangi ukuran keloids.

7. Fluorouracil.
Injeksi agen chemotherapi ini, sendiri atau kombinasi dengan steroids, telah digunakan sangat baik untuk terapi keloid.

0 komentar:

Posting Komentar