Kamis, 19 April 2012

Tips Aman dan Sehat Dalam Berkemah.


Vaksinasi atau imunisasi.
Ketika sedang melakukan kegiatan camping kemungkinan besar anda dapat mengalami kecelakaan, luka maupun sakit.

Untuk itu sangat perlu anda melakukan vaksinasi sehingga dapat terlindungi dari beberapa penyakit dan kondisi tertentu. Lakukan update imunisasi atau vaksinasi anda dan semua anggota keluarga.

Vaksinasi yang diperlukan antara lain :
  • Tetanus
  • Pertussis
  • Meningitis
  • Hepatitis

Bawa bahan makanan dan minum yang sehat dan aman
Ketika sedang berkemah makanan merupakan faktor penting yang tidak dapat diabaikan, Siapakan makanan yang ringan yang sehat dan aman bagi anggota camping.

Makanan dan minuman yang dianjurkan antara lain :
Jus, air, buah yang telah dikeringkan ( kismis, apel, kurma ), buah segar, biscuit.

Olahraga
Camping selain merupakan sarana wisata dan refreshing juga berfungsi untuk memperoleh kebugaran tubuh yang lebih baik. Lakukan aktifitas olahraga selama 30 menit untuk orang dewasa dan 60 menit untuk anak – anak.

Perlindungan terhadap keracunan karbon monoksida. 
Jangan menyalakan api, kompor atau aktifitas yang dapat menimbulkan karbon monoksida di dalam tenda maupun mengarahkan asap pembakaran yang berasal dari luar tenda ke dalam tenda. Zat karbon monoksida dapat menyebabkan keracunan bahkan kematian pada manusia. Zat ini bersifat tidak berbau dan berwarna.

Untuk menghindarkan tubuh dari hipotermia, peserta camping dapat membawa selimut atau pakaian tebal serta mengkonsumsi makanan berkalori tinggi dan air.

Melindungi diri dari Serangga 
Untuk melindungi diri dari nyamuk, kutu dan serangga lainnya anda dapat menggunakan krim anti serangga yang berbahan DEET untuk pakaian dan kulit anda. Pakailah anti kutu permethrin untuk pakaian anda.

Mempertahankan Suhu.
Bawa pakaian tebal dan selimut yang cukup untuk menghindari hipotermia.

Lindungi diri anda dari sinar matahari.
Hindari kontak sinar matahari langsung karena sinar matahari mengandung ultraviolet yang dapat menyebabkan kanker dan gangguan kulit lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar