Selasa, 17 April 2012

Diet dan resiko Osteoporosis


Apakah Anda termasuk salah satu dari wanita yang mendambakan memiliki tubuh ramping layaknya artis di televisi, apakah untuk mewujudkanny aanda juga menjalani serangkaian diet guna mencapai bentuk tubuh ideal, coba simak informasi berikut dan berpikir ulang jika ingin diet apalagi diet yang tidak tepat.

Kebanyakan wanita berambisi melangsingkan berat badan dengan mengurangi atau justru sama sekali tidak mengonsumsi beberapa produk makanan yang mengandung lemak dan kalori tinggi, tentu saja tindakan ini mengabaikan informasi lainnyatentang kandungan gizi seperti kalsium yang berperan untuk penguatan tulang. 

Faktanya tidak sedikit wanita yang mencoba melakukan diet rendah keju, mentegaatau susu sehingga secara otomatis asupan kalsium semakin rendah, bahkan merekajuga menghindari konsumsi roti yang pada saat ini telah diperkaya dengan kandungan kalsium yang baik bagi tulang. Kadar kalsium yang rendah dalam tubuh akan menyebabkan kondisi osteopenia atau penipisan tulang yang dapat menjadi cikal bakal osteoporosis atau patah tulang, mengapa bisa terjadi hal tersebut karena kekurangan kalsium pada usia produktif akan berdampak pada kegagalanmembangun struktur tulang yang kuat pada usia 35 dengan kondisi tulang palingrapuh terdapat pada pergelangan tangan, punggung, dan pinggul.

Kebutuhan kalsium yang direkomendasikan pada diet dengan nutrisi berimbang adalah 700 mg per hari untuk dewasa, dapat diperoleh dari beragam jenis makananseperti roti, produk susu, brokoli, kubis, tahu, dan kacang. Solusi diet sehatdan tetap langsing tanpa resiko tulang rapuh cobalah ganti konsumsi susu full cream dengan beralih ke produk susu skim, susu rendah lemak yang kaya kalsium. Jangan lupa sempurnakan diet anda dengan konsumsi mineral dan vitamin sesuai kebutuhan tubuh. Hal paling penting bahwa tampilan tubuh ideal harus disertai oleh tulang yang sehat dengan demikian kalsium dan lemak memegang peranan penting dalam membangun struktur tulang yang kuat. Catatan penting jika diet yang tidak tepat dapat merapuhkan tulang.

0 komentar:

Posting Komentar