Senin, 30 April 2012

AMILOIDOSIS GINJAL


Amiloidosis adalah suatu penyakit yang ditandai dengan penimbunan amiloid interseluler pada ginjal, hepar dan lien. Amiloid adalah suatu glycoprotein yang diduga terbentu oleh reaksi imunologis.
Pada anjing penimbunan amiloid terutama pada glomeruli, sedangkan pada kucing terutama pada medulla. Penimbunan amiloid ini bisa terjadi karena proses penyakit supuratif, nekrotik atau neoplastic, tetapi juga dapat terjadi tanpa abnormalitas tersebut. Penimbunan amiloid perivaskular akan menyempitkan lumen pembuluh darah, mengurangi perfusi dan menyebabkan atropi iskhemi dan nekrosis pada sel - sel disekelilingnya.

Tanda klinis dari amiloidosis tergantung pada stadium penyakit, pada stadium awal hanya terdapat proteinuria ( albuminuria ) yang ditemukan pada urinalisis. Pada keadaan yang lanjutbisa terjadi sindrom nefrotik atau kegagalan ginjal. Pada keadaan ini hepar dan lien dapat membesar, ginjal dapat membesar, normal atau mengecil tergantung stadium penyakit. Pada amiloidosis sering terjadi trombosis pada pembuluh darah di paru - paru, lien, ginjal, koroner, mesenteric, iliaca dan brachialis ( dapat menyebabkan dispnu yang tiba - tiba, kematian mendadak, disfungsi ekstremitas ).

Diagnosa ditentukan dari tanda - tanda klinis meliputi proteinuria persisten dengan proses supuratif kronis, kerusakan jaringan, neoplasia, pembesaran lien dan hepar, tetapi perlu dikonfirmasi dengan biopsi.

Terapi sulit karena etiologi yang kurang jelas. Pada umumnya hanya dilakukan terapi terhadap factor primer ( proses supuratif/neoplastic ) dan terapi symptomatic dan suportif terhadap kegagalan ginjal, namun ini hanya dapat memperpanjang umur hewan karena penyakit bersifat progresif. 

1 komentar:

thanks atas infonya, ditunggu artikel yang lainnya

Posting Komentar