Senin, 30 April 2012

BEET PULP ( BUBUR UMBI MANIS ) SEBAGAI MAKANAN TAMBAHAN UNTUK HEWAN KESAYANGAN


Beet pulp adalah hasil samping penyaringan gula mentah yang diperoleh dari proses pengolahan tebu yang memiliki bentuk menyerupai bubur.

Meskipun beet pulp yang tersisa berisi gula sangat sedikit, tetapi mempunyai banyak manfaat salah satu diantaranya sebagai sumber energi dan serat, sehingga beet pulp sangat umum diberikan sebagai makanan tambahan untuk anjing dan kucing, tentu saja dengan alasan serat yang terkandung dalam beet pulp mampu membantu melancarkan sistem pencernaan, serta energi yang berasal dari beet pulp dapat memperbaiki kesehatan kolon. Lambat laun sumber serat fermentasi seperti beet pulp atau bubur umbi manis sering direkomendasikan sebagai salah satu sumber serat terbaik untuk makanan tambahan bagi anjing dan kucing. 

Kandungan serat tidak larut air dari beet pulp merupakan kelebihan utama jika dibanding sumber serat lain seperti kacang tanah, beras, atau kedelai, dan oleh karena itu beet pulp memegang peran penting terhadap kerja bakteri usus dalam memelihara kesehatan kolon.

Meskipun beet pulp memberikan keuntungan dalam memelihara kesehatan kolon kita tetap harus mengetahui efek samping pemberian beet pulp sebagai makanan tambahan bagi hewan peliharaan terutama jika frekuensi pemberian terlalu sering dengan porsi tidak beraturan karena berpotensi menyebabkan perut kembung, mengurangi selera makan dan hewan menjadi suka memilih - milih makanan, dan dapat menimbulkan penyumbatan pada vili usus. Sebaiknya tambahan pakan beet pulp untuk anjing atau kucing diberikan secara normal dengan porsi kecil dan persentasi pemberian pakan tambahan harian tidak lebih tinggi dari makanan utama agar hewan tidak kehilangan selera terhadap makanan yang lain. 

0 komentar:

Posting Komentar