Kamis, 19 April 2012

Sperma Buatan Asal Inggris


Ilmuwan Inggris dari pusat penelitian sel punca telah mengklaim berhasil membuat sperma manusia. Sperma ini berasal dari sel punca embrionik yang pertama didunia. Penelitian ini telahdilakukan selama lebih dari 10 tahun dengan mengembangkan sifat dasar sperma berkembang untuk membantu masalah pria infertil atau kurang subur untuk memiliki anak secara biologis.

Riset gabungan antara ilmuwan dari Universitas Newcastel,
Inggris dan the NorthEast EnglandStem Cell Institute tersebut sebelumnya telah berhasil melahirkan seekor tikusdari sperma buatan. Penelitian yang dilakukan ini telah dipublikasikan di dalam jurnal ilmiah berjudul “Stem Cells and Development”.

Riset yang dikembangkan tersebut adalah riset dasar biologi yang tentu saja menciptakan terobosan baru di bidang kedokteran.

Namun beberapa ilmuwan lainnya belum yakin dengan hasil dari sel sperma buatan ini, dengan kata lain penelitian ini memerlukan bukti nyata bahwa sperma tersebut mampu berfungsi normal.

Menurut Allan Pacey, guru besar Andrologi Universitas Sheffield, Inggris menyatakan ketidak yakinannya bahwa sperma yang berasal dari sel punca embrionik tersebut tepat disebut sebagai spermatozoa. Sperma buatan tersebut tidak memiliki ukuran, bentuk gerak dan fungsi seperti sperma asli.

Dalam bantahannya Nayernia pencipta sperma buatan tersebut menjelaskan bahwa sperma ciptaannya merupakan hasil penelitian yang masih awal dan perlupenelitian lanjutan, serta sperma buatan ini belum bisa membuahi sel telur.

Alasan utama pembuatan sperma ini adalah untuk mencari tahu penyebabin fertilisasi atau ketidak suburan pada pria, sehingga diharapkan sperma buatanini dapat digunakan sebagai cara terapi yang efektif untuk mengatasi masalahin fertilitas pada pria.

0 komentar:

Posting Komentar