Jumat, 13 April 2012

Hepatitis


Hepatitis adalah istilah yang digunakan untuk semua jenis peradangan yang terjadi pada hati ( liver ). Penyakit ini dapat disebabkan oleh virus maupun konsumsi obat – obatan yang salah dan berlebihan,tidak terkecuali obat tradisional, ataupun berhubungan juga dengan kelainan darah dan limpa. Hepatitis sering juga disebut sebagai penyakit kuning oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan penderita dari hepatitis memiliki tanda kulit dan bagian putih pada mata berubah kekuningan.
Jenis – jenis hepatitis yaitu hepatitis A, B, C, D, E, F dan G.
Hepatitis A Penyakit hepatitis A sering terjadi pada anak – anak dan biasanya tidak menimbulkan gejala, tetapi pada orang dewasa diikuti dengan gejala mirip ketika sakit flu yaitu demam, terasa lelah, mual, diare, sakit perut, mata kuning dan nafsu makan berkurang. Gejala tersebut akan berangsur – angsur hilang setelah 6– 12 minggu. Hepatitis A bisa menular dengan cara melalui makan dan minuman yang tercemar hepatitis A, misalnya buah – buahan yang belum dicuci, sayur yang tidak dimasak, kerang yang kurang matang, es batu pada minuman yang tidak melalui proses pemanasan.

Hepatitis B Penyakit hepatitis B memiliki gejala mirip hepatitis A yaitu demam, terasa lelah, mual, diare, sakit perut, mata kuning dan nafsu makan berkurang.Penyakit dapat ditularkan melalui jarum suntik, transfusi darah dan gigitan manusia.


Untuk mencegah menyebarnya penyakit hepatitis dapat dilakukan dengan caraimunisasi serta melaksanakan gayahidup bersih dan sehat, makan minum yang telah dimasak terlebih dahulu, cuci peralatan memasak dan makan hingga bersih terutama setelah digunakan penderita,cuc tangan sebelum dan sesudah makan.

0 komentar:

Posting Komentar