Jumat, 13 April 2012

Hepatitis


Hepatitis biasa disebut dengan penyakit liver. 
Hepatitis dilihat dari lama perjalanan penyakit dibagi menjadi 2, yaitu :
  • Hepatitis akut
  • Hepatitis Kronis


Hepatitis dilihat dari penyebabnya yaitu :
  • Peradangan
  • Kegemukan
  • Infeksi virus
  • Obat – obatan
  • Tumor hati, dan lain – lain

Penyebab penyakit liver yang paling banyak adalah infeksi virus hepatitis, yang menyebabkan kerusakan dan peradangan jaringan liver,sehingga timbul gejala dan tanda – tanda penyekit di dalam tubuh.

Gejala umum dari hepatitis adalah badan merasa lemah dan tidak bertenaga. Gejala hepatitis pada awalnya tampak khas seperti panas, lesu, cepat lelah, nafsu makanberkurang, mual, muntah, gangguan perut dan kadang – kadang merasa nyeri.Gejala awal berlangsung 3 – 5 hari, yang kemudian berkurang dan tampak warna mata kuning atau air seni berwarna kuning mirip teh yang berlangsung 2 – 3minggu.

Virus penyebab hepatitis yang sering dijumpai adalah virus hepatitis A, B, C dan D melalui darah ( jarumsuntik, pisau cukur, transfuse darah dan hubungan seksual ), biasanya menyebabkan hepatitis akut atau kronis. Jika hepatitis B dan C menyebabkan hepatitis kronis maka akan berkembang menjadi sirosis hati ( pengerutan hati ).

Gambaran Hepatitis Akut
Gejala penyakitluas, mulai dari tanpa gejala yang jelas sampai gejala mual, muntah, nafsu makan menurun, mata dan kulit berwarna kuning serta air kencing seperti teh.

Hepatitis asim tomatik tanpa ada gejala, penyakit ini diketahui hanya dengan pemeriksaan darah yaitu gangguan pemeriksaan faal hati dan temukan adanya virus hepatitis.

Hepatitis asimtomatik biasanya menyerang penderitausia muda atau penderita infeksi hepatitisB atau C.

Selama masa akut ( Hepatitis akut karena virus hepaititis A atau D ), dokter biasanya akan menyarankan untuk istirahat dari rutinitas pekerjaan berat dengan pemberian obat anti mual dan vitamin.

Mengapa istirahat total menjadi kunci utama penyembuhan??? Karena liver sebagai penyedia energi untuk kelangsungan hidup, maka jika terdapat gangguan pada liver dan tetap memaksakan diri untuk bekerja berat akan meyebabkan komplikasi.

Pada kasus hepatitis disebabkan perlemakan hati ( pada penderita kolesterol dengan kadar kolesterol tinggi danoverweight ). Selain istirahat cukup juga harus diimbangi dengan penurunan berat badan, kadar gula darah dan kolesterol dengan cara berolahraga dan pengaturan pola makan.

0 komentar:

Posting Komentar