Jumat, 13 April 2012

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BERAT LAHIR BAYI


Faktor yangmempengaruhi berat lahir pada bayi, antara lain :

1. Umur ibu.
Semakin muda umur ibu ( kurang dari 20 tahun ) atau semakin tua ( diatas 35tahun ) menyebabkan kondisi rahim ibu kurang optimal untuk memberikan nutrisi pada bayi yang dikandung sehingga berat lahir bayi kecil.
 2. Riwayat penyakit ibu.
Penyakit yang pernah diderita ibu seperti tekanan darah tinggi, penyekitparu - paru yang menahun, penyakit tumor maupun infeksi kandungan dapat mempengaruhi berat lahir bayi.

3. Jumlah bayi yang dikandung.
Semakin banyak jumlah bayi yang dikandung ( lebih dari tiga ), makin kecil berat badan bayi yang dilahirkan. Jarang seorang ibu yang melahirkan bayi kembar tiga atau lebih dengan berat badan lebih dari 2500 gram walaupun umur kehamilan memasuki sembilan bulan. Pada kehamilan kembar terjadi kompetisi untuk mendapatkan nutrisi dari ibu yang maksimal dan bersifat parasitik saling menghisap nutrisi satu sama lain, sehingga bayi yang kuat akan menjadi lebih besar berat lahirnya dan berwarna kemerahan karena kelebihan nutrisi dan darah merah. Sebaliknya, bayi yang lemah berat badannya akan lebih kecil dan pucat karena kekurangan nutrisi dan darah.

Selain berat lahir bayi, hal yang perlu dicermati adalah bentuk tubuh bayi pada waktu lahir merupakan proyeksi posisi bayi dalam kandungan sehingga seiring dengan pertambahan berat badan dan umur akan menyesuaikan dengan lingkungan dalam kandungan.

0 komentar:

Posting Komentar