Jumat, 13 April 2012

BAHAYA ROTAVIRUS PADA KESEHATAN BAYI


Rotavirus berperan merusak villi yang gemlike fungsi untuk percernaan dan penyerapan karbohidrat termasuk laktosa, air dan mineral sehingga fungsi percernaan laktosa terganggu.

Gangguan keseimbangan penyerapan dan pengeluaran ini menyebabkan kekurangan cairan dan elektrolit dengan gejala klinis adanya muntah, suhu tubuh meningkat dan diare tanpa disertai darah. Muntah biasanya akan berhenti dalam dua hari tetapi diare dapat berlangsung terus antara tiga hingga tujuh hari.

Rotavirus sering menimbulkan problem kesehatan terutama pada bayi dengan rentang usia 3 - 24 bulan, bayi di bawah 3 bulan jarang menderita penyakit ini karena mendapat asupan air susu ibu dan kekebalan pasif dari ibu ketika dalam kandungan.

Kasus muntah disertai diare pada bayi yang badannya gemuk perlu memperhatikanbeberapa hal penting sebagai berikut :
  • Bayi yang gemuk mudah sekali kekurangan cairan karena lebih sulit mengatur keseimbangan jumlah cairan di dalam tubuh
  • Bila muntah dan diare disertai panas tubuh yang tinggi akan mudah terjadi kejang.
  • Komplikasi lebih sering terjadi bila dibanding pada bayi dengan berat normal untuk kasus muntah disertai diare.

Pada bayi yang terserang muntah disertai diare akibat rotavirus dapat diberikan susu rendah laktosa agar mudah diserap tubuh. Setelah tujuh hari biasanya ususbayi dapat kembali normal dan jika tidak menimbulkan gangguan pencernaan lagi dapat diberikan susu formula biasa. Penyakit muntah disertai diare yangdisebabkan oleh virus tidak memerlukan pengobatan antibiotika karena dapat sembuh dengan sendiri jika kebutuhan cairan dan elektrolit sudah cukup.Antibiotik dapat diberikan selain pemberian cairan dan elektrolit pada kondisimuntah disertai diare yang disebabkan bakteri seperti kolera, amuba, disentriAlternatif pengobatan yang disarankan untuk mempercepat kesembuhan penyakit muntah disertai diare adalah dengan menggunakan probiotik. Probiotik merupakan suplemen nutrisi yang mengandung bakteri lactobacillus yang menguntungkan bagi pencernaan manusia melalui peningkatan imunitas dan pertahanan sistem pencernaan terhadap infeksi

0 komentar:

Posting Komentar