Jumat, 13 April 2012

BATU EMPEDU ( GALLSTONES )


Batu empedu atau secara medis dikenal sebagai gallstones adalah batu yang umumnya terbentuk dalam kandung empedu atau saluran empedu yakni tempat penyimpanan empedu pada permukaan posteroinferior hati.
 Batu empedu juga dapat terbentuk di manapun ada empedu, seperti intrahepatic,hepatic, dan kandung kemih. Batu empedu juga mengikuti aliran empedu, sebagaicontoh dari kandung empedu masuk ke dalam kandung kemih atau saluran umum.

Jenis batu empedu meliputi :

1. Cholesterol gallstones sebagai jenis gallstones yang paling umum dengan komponen utama terbuat dari cholesterol ( salah satu dariunsur yang dikeluarkan oleh sel hati ke dalam empedu sebagai suatu cara penting untuk hati mengeliminasi kelebihan cholesterol dari tubuh ). Wanita hamil mempunyai resiko mengalami cholesterol gallstones sebab pada periode kehamilan,empedu mengandung lebih banyak kolesterol dan kantung empedu tidak berkontraksisecara normal. Batu empedu lebih sering terjadi pada individu dengan kadar triglyceride yang tinggi dalam darah.

2. Pigment gallstones merupakan sisa pembuangan yang dibentuk dari hemoglobin,pembawa unsur oksigen dalam sel darah merah. Hemoglobin dari sel darah merahyang sudah rusak berubah menjadi bilirubin yang dilepaskan ke dalam darah melalui hati. Hati memodifikasi bilirubin dan mengeluarkan bilirubin yangdimodifikasi ke dalam empedu. Terdapat dua jenis pigment gallstones yakni :
Black pigment gallstones dapat terjadi jika ada terlalu banyak bilirubin di dalam empedu yang berkombinasi dengan komponen empedu lain,seperti kalsium yang kemudian akan membentuk pigmen hitam dan keras. Blackpigment gallstones dapat terbentuk kapan saja jika kadar bilirubin yang mencapai hati meningkat, hal Ini berhubungan dengan peningkatan sel darah merahyang rusak, sebagaimana halnya terjadi pada penderita sickle cell disease dan thalassemia. Black pigment gallstones juga lebih umum terjadi pada pasien dengan cirrhosis hati.

Brown pigment gallstones dapat terjadi jika kontraksi kandung empedu berkurang atau ada penghalang pada aliran empedu, bakteri yang berasal dari duodenum masuk ke saluran empedu dan kandung empedu. Bakteri mengubah bilirubin dalam saluran dan kandung empedu, kemudian bilirubin yang diubah akan berkombinasi dengan kalsium membentuk pigmen. Pigmen kemudian berkombinasi dengan lemak ( kolesterol dan asam lemak dari lecithin ) untuk membentuk partikel yang akan tumbuh menjadi batu empedu berwarna lebih coklatdan lebih lembut dibanding black pigment gallstones.

3. Jenis gallstone yang jarang dijumpai dapat terjadi pada pasien yang mendapat terapi antibiotik, seperti ceftriaxone( rocephin) sebab ceftriaxone tidak bisa dieliminasi dari tubuh jika empedu dalam konsentrasitinggi, kemudian ceftriaxone akan berkombinasi dengan kalsium dalam empedu menjadi partikel yang tidak dapat larut sehingga tumbuh menjadi batu empedu.

4. Jenis gallstone yang terbentuk dari calcium carbonate juga jarang dijumpai.

0 komentar:

Posting Komentar