Sabtu, 14 April 2012

Pentingnya Olahraga


Melakukan olahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak dan koleterol. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang melakukan olahraga secara rutin mempunyai kadar kolesterol yang relative rendah dan kadar HDL yang relative tinggi.

Saat ini ada berbagai macam olahraga yang dapat dijadikan pilihan anda meningkatkan kebugaran, namun jenis olahraga terbaik adalah aerobic. Olahraga aerobic tergolong olahraga yang sederhana dan murah serta dapat dilakukan oleh siapapun dan kapanpun. Aerobik tidak harus memakai alat khusus atau harus bergabung dengan kelompok tertentu. Aerobik adalah olahraga yang membutuhkan banyak oksigen. Kata aerobic merupakan kata sifat yang berarti membutuhkan oksigen untuk hidup dan pertumbuhan.

Oksigen dibutuhkan untuk melepaskan energi dari lemak, glycogen dan gula dalam tubuh. Gerakan dalam aerobic memungkinkan terserapnya oksigen mencapai otot –otot tubuh. Beberapa macam latihan aerobic adalah berenang, jogging, dan bersepeda. Kecepatan oksigen mencapai otot sama dengan kebutuhan otot itu sendiri terhadap oksigen.

Olahraga aerobic sebaiknya dilakukan oleh orang dewasa minimal selama 20 – 30 menit setiap harinya. Latihan aerobic ini dapat dilakukan dengan aktivitas sederhana seperti jalan kaki ataupun bersepeda, dengan waktu pemanasan selama 5– 10 menit, maka secara otomatis aliran darah akan mengalir lancar kedalam otot– otot yang bekerja.

Berolahraga secara teratur bisa meningkatkan HDL– kolesterol darah sampai25%. Maka dengan demikian dimungkinkan HDL dapat mengurangi kadar kolesterol. 

0 komentar:

Posting Komentar