Sabtu, 14 April 2012

MANFAAT AIR SUSU IBU BAGI BAYI DAN IBU


Pemberian air susu ibu adalah proses simbiosis mutualisme antara ibu dan bayi yang berlaku sepanjang masa.

Pemberian air susu ibu secara eksklusif selama 6 bulan pertama dan dilanjutkan hingga 2 tahun selain bermanfaat bagi bayi juga menguntungkan bagi ibu, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Manfaat air susu ibu bagi bayi, meliputi :

1. Gizi prima.
Kadar dan komposisi air susu ibu sempurna bagi pencernaan, perkembangan otak dan pertumbuhan bayi. Air susu ibu mengandung 100 jenis zat gizi yangtidak ditemukan dalam susu formula, meskipun kandungan protein dalam susu formula lebih tinggi namun protein tersebut tidak dapat dicerna baik dan keluar lagi dari tubuh bayi. Berbeda dengan protein air susu ibu yang dapat diserap seluruhnya oleh pencernaan bayi.

2. Memberikan rasa aman dan nyaman.
Kontak mata dan tubuh bayi dan ibu ketika menyusui memberikan kehangatan dan keberadaan ibu penting untuk terbentuknya rasa aman dan nyaman untuk pertumbuhan emosi yang sehat bagi bayi.

3. Vaksin alami.
Lebih dari 80% sel yang terkandung dalam air susu ibu merupakan sel –sel kekebalan yang membunuh bakteri, jamur, dan virus. Bayi yang mendapat air susuibu secara eksklusif akin terlindung dari penyakit seperti pneumonia, botulisme,bronchitis dan infeksi lain. Didalam pencernaan bayi yang mendapat air susu ibu ditemukan banyak Lactobifillus bifidus, merupakan bakteri menguntungkan yang dapat mencegah pertumbuhan organisme berbahaya.

4. Merangsang kecerdasan.
Anak - anak yang pada masa bayi memperoleh air susu ibu selama 8 bulan ataulebih, memiliki nilai IQ yang lebih tinggi dibanding yang tidak mendapat air susu ibu.

5. Menyehatkan jantung
Air susu ibu memberikan perlindungan terhadap resiko terjadinya tekanan darah tinggi di usia dewasa kelak, yang merupakan salah satu penyebab timbulnya serangan jantung.

Manfaat air susu ibu bagi ibu, meliputi :

1. Menurunkan berat badan.
Ibu yang menyusui lebih mudah menurunkan berat badan karena menyusui bisa membuang kalori yang berlebihan.

2. Menjaga kesehatan rahim.
Hormon oksitosin yang dikeluarkan pada masa menyusui dapat merangsang kontraksi otot rahim sehingga mempercepat pemulihan rahim ke bentuk semula. Kontraksi ini bisa menutup pembuluh darah yang pecah selama masa kehamilan atau putus saat melahirkan.

3. Melindungi dari resiko terkena kanker.
Pengaruh positif pemberian air susu ibu dapat mengurangi resiko kanker payudara, indung telur, anemia dan kerapuhan tulang paha.

4. Mengurangi stres.
Hormon oksitosin yang keluar ketika menyusui merangsang otak ibu untukrileks.

5. Vaksin alami.
Pada masa menyusui tubuh ibu memproduksi antibodi terhadap segala penyakit dan antibodi ini akan ditranfer ke dalam air susu sebagai kekebalan alami bagi bayi.

0 komentar:

Posting Komentar