Sabtu, 14 April 2012

KELUHAN SELAMA KEHAMILAN


Berikut ini adalah keluhan yang mungkin terjadi selamaperiode kehamilan :

1. Nyeri punggung. Keluhan yang umum dirasakan pada trimester ketiga ketika pusat gravitasi pasien telah bergeser.
2. Konstipasi. Keluhan yang disebabkan penurunan motilitas sekunder uterus dalam mengangkat progesterone pada kehamilan normal yang dapat memicu penyerapan air lebih besar.

3. Kontraksi braxton hicks. Kontraksi singkat, tanpa rasa sakit dan tidak teratur yang dapat terjadibeberapa kali sehari.

4. Edema. Keluhan umum selama kehamilan yang disebabkan adanya tekanan pada vena cavainferior ( IVC ) dan pembuluh darah pelvic oleh uterus yang mampu memicu peningkatan tekanan hidrostatik pada ekstrimitas bawah.

5. Regurgitasi, rasa panas pada perut dan nausea. Keluhan umum yang mungkin disebabkan oleh Gastroesophageal Reflux Disease (GERD ). Hal ini ditentukan oleh relaksasi sphincter esophageal bagian bawah ( lower esophageal sphincter / LES ) dan peningkatan waktu transit dalam perut pada kehamilan normal.

6. Haemorrhoid. Keluhan yang sering dicatat selama periode kehamilan, biasanya disebabkan oleh peningkatan vena stasis dan tekanan IVC yang memicu kongesti pada sistem pembuluh darah disertai dengan peningkatan tekanan abdominal sekunder terhadap rahim dan menimbulkan konstipasi.

7. Nyeri pelvic. Keluhan umum adalah nyeri, kelainan fungsi tubuh symphysis pubis atau sendisacroiliac sebagai hasil dari merejan berlebihan maupun luka ( sepertidiastasis symphysis pubis ) selama masa kehamilan atau proses kelahiran.

8. Peningkatan frekwensi urinasi. Keluhan umum disebut dengan gravida yang disebabkan oleh peningkatan volume intravascular, elevasi GFR ( glomerular filtration rate ), dan tekanan kandung kemih karena pelebaran uterus.

9. Varicose vena. Keluhan umum disebabkan oleh relaksasi vena dan peningkatan tekanan intravaskular.

0 komentar:

Posting Komentar