Jumat, 13 April 2012

Diare


Penyakit diare adalahkondisi seseorang yang sedang mengalami buang air besar berkali – kali dankadang – kandang muntah. Biasanya penderita diare di dalam kotorannya terdapat lendir atau darah. Diare dapatmenyebabkan cairan tubuh keluar melalui tinja.

Jika kondisi yang seperti demikian terjadi dalam waktu yang lama maka tubuh penderita akan kehilangan cairan dan mengalami dehidrasi, dalam beberapa kasus menyebabkan kematian, terutama pada bayi dan anak – anak dibawah usia limatahun.

Penyebab diare :
1. Karena infeksi usus, biasanya disebabkan oleh cholera, disentri dan bakterilainnya.
2. Karena kekurangan gizi.
3. Kekurangan zat putih telur.
4. Keracuanan makanan.
5. Alergi terhadap makanan tertentu.

Diare merupakan penyakit menular karena mengandung banyak kuman penyebab diare,kuman tersebut terdapat pada kotoran yang dikeluarkan dari tubuh penderita dankemudian menyebar melalui tanah, air, sungai, sumur dan jika kering melalui udara.

Untuk mencegah terjadinya dehidrasi yang akut disebabkan diare, maka penderitaharus diberi minum garam ORALIT 1. Dengan cara oralit dilarutkan kedalam gelas berisi air masak 200 cc setiap kali habis buang air besar.

Jika tidak tersedia oralit gunakan larutan garam dan gula. Caranya : ambillah air the dalam gelas kemudian masukkan dua sendok teh gula pasir dangaram dapur seujung sendok the.

Pencegahan Diare :
• Berprilaku hidup bersih dan sehat.
• Cuci tangan sebelum makan dan setelah buang air besar.
• Minum air dan makan makananyang benar – benar sudah di masak.
• Untuk bayi berikan konsumsi susu selama mungkin sesuai dengan umur.

0 komentar:

Posting Komentar