Senin, 16 April 2012

ALOPECIA AERATA


Alopecia aerata adalah suatu kondisi rambut rontok yang umumnya terjadi pada daerah yang berbatas tegas seperti kulit kepala atau kadang dapat juga terjadi pada janggut. Karakteristik alopecia aerata dapat menyebabkan satu atau lebih rontoknya rambut dengan kecenderungan terjadi dalam waktu cepat dan sering juga merambat ke sisi kepala yang lain.

Alopecia aerata dapat terjadi pada usia muda baik pria maupun wanita. Kerontokan rambut jenis ini berbeda jika dibandingkan dengan kebotakan pada pria ketika memasuki usia senja atau kondisi kebotakan karena keturunan. Kerap kali alopecia aerata yang terjadi pada beberapa anggota keluarga dianggap sebagai penyakit keturunan, lain halnyadalam kasus gangguan autoimun di mana sistem kekebalan justru menyerang folikel rambut dan mengganggu pembentukan rambut normal, oleh karena itu hal tersebut dipercaya dapat menyebabkan alopecia areata.

Alopecia aerata kerap kali dihubungkan dengan beberapa kondisi autoimune sebagai berikut :
  • Alergi.
  • Penyakit gondok.
  • Vitiligo.
  • Lupus.
  • Arthritis.
  • Ulcerative colitis.

Karakteristik menemukan titik perkembangan alopecia areata adalah adanya rambut tegak, pendek dengan pangkal dekat kulit kepala. Biopsi kulit kepala kadang diperlukan untuk penegakan diagnosa karena akan menunjukkan sel imun abnormal di dalam folikel rambut. Sekitar 50% pasien yang mengalami alopecia areata, rambut akan tumbuh kembali di dalam satu tahun tanpa perawatan. Pada kebanyakan pasien, kondisi membaik tanpa perawatan di dalam satu tahun, tetapi kerontokan rambut kadang - kadang permanen.

Berbagai perawatan mungkin perlu untuk membantu pertumbuhan rambut kembali, namun tidak ada secara konsisten bekerja efektif pada semua pasien. Pada periode yang cukup lama kerontokan rambut semakin sedikit dan ada kemungkinan rambut akan tumbuh kembali.

Secara medis dapat dilakukan terapi meliputi pemberian minoxidil, anthralin atau topical coal tar, ataupun topical immunotherapy seperti cyclosporine.

Berbagai perawatan untuk mengatasi alopecia aerata :
  • Injeksi steroid.
  • Pemberian cream pada kulit kepala.
  • Penggunaan shampoo sebagai treatment untuk kulit kepala yang telah digunakan pakar kesehatan selama bertahun - tahun seperti clobetasol dan fluocinonide.



0 komentar:

Posting Komentar