Jumat, 13 April 2012

ANTIOKSIDAN SEBAGAI ANTI PENUAAN DINI


Radikal bebas menurut beberapa penelitian diketahui dapat menghancurkan infeksi secara efisien, namun seringkali tidak terkontrol mekanismenya di dalam tubuh sehingga kadang menyerang sel - sel tubuh dan menyebabkan kematian sel, hal ini yang memicu penuaan dini atau bahkan terjadinya kanker. 

Antioksidan yang banyak terdapat pada buah dan sayuran merupakan penangkal keganasan radikal bebas dengan mencegah perkembangannya didalam tubuh, sekaligus memperbaiki sel - sel tubuh yang rusak sehingga jugaberperan mencegah penuaan dini.

Peran antioksidan terhadap kesehatan tubuh, meliputi :

1. Mencegah kanker. 
Konsumsi buah dan sayuran secara rutin dapat mencegah risiko terkena kankerhingga 50 %, sebagai berikut :
  • Konsumsi wortel, bayam setiap hari akan mengurangi risikokanker paru. 
  • Konsumsi kol, brokoli dan sayuran hijau lain setiap hariakan mengurangi risiko terkena kanker payudara karena adanya kandungan zat yangmampu mengeluarkan kelebihan estrogen jahat dari dalam tubuh. 
  • Konsumsi tomat setiap hari akan mengurangi risiko kanker pankreas. 
  • Konsumsi buah dan sayuran khususnya yang berwarna hijau atau kuning tua dan memiliki kandungan betakaroten dapat mengurangi risiko kanker endometriosis. 

2. Mencegah penyakit cardiovascular. 
Konsumsi buah dan sayuran dapat mencegah dari serangan jantung dan stroke.Penderita stroke dengan konsumsi wortel atau makanan yang mengandung karoten tinggi yang rutin setiap hari dapat mengurangi risiko kejadian yang lebih fatalkarena kandungan karotenoid yang tinggi dalam darah. Diet kaya asupan buah dansayuran juga membantu menurunkan tekanan darah dan mampu mengurangi dosis obathipertensi hingga setengahnya.

3. Mempertahankan kemampuan fisik dan mental. 
Kandungan lycopene pada tomat, asam folat dan vitamin B dalam sayuran berwarnahijau serta jenis polong - polongan mampu meningkatkan kemampuan fisik danmental.

4. Menjaga kemampuan mata. 
Kandungan karotenoid, vitamin C dan asam folat yang banyak terdapat dalam buahdan sayuran mampu melawan bahaya radikal bebas yang mengakibatkan katarak.
 Bayam juga membantu mengurangi kemungkinan serangan makula ( bintik kuning pada retina ).

0 komentar:

Posting Komentar