Jumat, 13 April 2012

Cegukan ( HICCOUGH )


Istilah hiccough atau hiccups mungkin terdengar asing ditelinga kita padahal setiap orang pasti pernah mengalami cegukan.

Secara ilmiah hiccough didefinisikan sebagai bunyi inspirasi napas yang tajam disertai spasme ( kontraksi otot secara mendadak ) glotis dandiafragma.Cegukan atau hiccups merupakan kontraksi yang berulang-ulang tanpabisa dikontrol oleh diafragma ( sekat pipih yang membatasi rongga dada danrongga perut ), sehingga menyebabkan pita suara di tenggorokan menutup tiba-tiba dan udara yang hendak masuk ke paru-paru terhambat.

Cegukan tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja kerap kali bayi juga dapat mengalami cegukan terutama setelah minum ASI atau susu botol sebagai akibatlubang dot tidak tepat ukuran dengan mulut bayi dan bayi dapat menelan terlalu banyak udara sehingga akan meregangkan lambung yang dapat memicu cegukan.

Cegukan pada bayi umumnya berlangsung singkat ( beberapa menit ) dan hilang sendiri serta tidak berbahaya, tapi bila terjadi terus menerus sebaiknya orang tua perlu mencoba cara meredakan cegukan sebagai berikut :
  • Menepuk punggung bayi secara lembut dengan posisi sandarkantegak pada bahu anda, beberapa tepukan lembut bisa mendorong udara ke atas danmenghentikan cegukan.
  • Pijat bagian belakang langit-langit mulut menggunakan kapasyang dibasahi air dengan gerakkan ke depan dan belakang selama 1 menit ataulebih.
  • Pemberian minum susu atau air hangat maka cegukan pada bayidapat hilang secara berangsur.
  • Jika cegukan pada bayi berlangsung dalam jangka waktu lamadan tindakan di atas tidak mampu meredakan cegukan sebaiknya segerakonsultasikan ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan bayi anda.


0 komentar:

Posting Komentar