Rabu, 02 Mei 2012

KARAKTERISTIK KUCING PERSIA


Secara performance kucing persia mempunyai bulu sangat tebal, kaki pendek, kepala lebar dengan telinga terpisah jauh, mata besar, dan moncong sangat datar.
Keturunan original berasal dari moncong pendek, tetapi dari waktu ke waktu bentuk ini telah menjadi sangat ekstrim, terutama sekali banyak ditemukan di Amerika Utara, dan kucing persia dengan tipe kepala brachycephalic ( berkepala pendek lebar ) yang semakin ekstrim dan hal ini berkaitan dengan sejumlah permasalahan kesehatan ( secara spesifik mempengaruhi sinus dan kemampuan dalam bernafas) yang disebabkan oleh itu. Umur kucing persia pada umumnya rata - rata 10 dan 18 tahun.
Kucing persia mempunyai beberapa warna atau tanda meliputi :
  1. Pointed.
  2. Tortoiseshell.
  3. Blue.
  4. Tabby.
Variasi yang menanjak dikenal sebagai Chinchilla. Variasi point disebut Himalayan di United States dan persia colourpoint di Eropa. Para breeder kucing persia berusaha mempertimbangkan dan memperkecil isu yang berkaitan dengan masalah kesehatan secara seksama melalui modifikasi tipe kepala.

Usaha breeding kucing persia :

1. USA.
Beberapa usaha breeding persia silver sebagai keturunan terpisah disebut Sterling, tetapi kurang diterima. Kucing perak bulu panjang keemasan yang dikenal oleh CFA lebih khusus sebaga Chinchilla Silvers, Shaded Silvers, Chinchilla Goldens atau Shaded Goldens termasuk kategori kucing pertunjukan.

2. Afrika Selatan.
Usaha breeding kucing persia lebih sukses seperti " the SA Cat Council ( SACC ) " telah mendaftar kucing dengan 5 generasi pure dari jenis Chinchilla sebagai Chinchilla bulu panjang. Chinchilla bulu panjang mempunyai hidung yang sedikit lebih panjang dibanding Persia sehingga berpengaruh positif terhadap kesehatan pernapasan. Rambut nya ttransparan dengan hanya bagian ujung membawa pigmen hitam, corak yang akan hilang ketika kawin silang dengan kucing persia berwarna lain. Kawin silang juga mengakibatkan kehilangan hidung dan garis bibir, yang merupakan kesalahan breed Chinchilla bulu panjang standart. Salah satu pembeda dari breed ini adalah warna mata biru hijau atau hijau dengan anak kucing mempunyai warna mata biru atau ungu kebiru-biruan.

Bulu kucing persia terlalu panjang dan tebal oleh karena itu secara rutin mereka akan melakukan grooming. Untuk menjaga bulu kucing persia tetap dalam kondisi terbaik maka kucing harus dimandikan secara teratur, mengeringkan bulu secara hati-hati setelah dimandikan, dan menyikat bulu setiap hari agar tidak menggumpal dan rontok. Mata kucing persia perlu dicek secara teratur sebab binatang biasanya memiliki beberapa masalah seputar kebersihan. Perlu diketahui, persia sangat peka terhadap penyakit keturunan yang menyebabkan kegagalan ginjal, PKD ( Polycystic Kidney Disease ), beberapa penyakit lain. Padahal sekarang dapat dilakukan penyaringan terhadap gen yang dapat menyebabkan PKD sehingga secara berangsur - angsur peluang kejadian penyakit mulai menurun.

0 komentar:

Posting Komentar