Selasa, 08 Mei 2012

Abdurrahman Wahid


KH.Abdurrahman Wahid atau yang biasa dipanggil Gus Dur seorang tokoh cendikiawan muslim berasal dari Nahdlatul Ulama yang pernah menjabat Presiden Republik Indonesia ke empat masa jabatan 20 Oktober 1999 sampai 24 Juli 2001.

Lahir tanggal 4 Agustus 1940 di desa kecil bernama Denanyar, Jombang. Gus Dur lahir ditengah – tengah keluarga pesantren diantara ulama – ulama besar. Ayahnya bernama KH.Wahid Hasyim seorang pelopor berdirinya organisasi raksasa Nahdlatul Ulama. Ibunya bernama Hj.Sholehah putri pendiri pesantren Denanyar Jombang.


Gud Dur merupakan seorang tokoh yang memiliki kepribadian yang sangat unik selain kegemarannya membaca, Gus Dur juga sangat hobi bermain sepakbola, menonton bioskop, bermain catur dan musik. Untuk kegemarannya menonton film tersebut panitia Festival FilmIndonesia pernah memilih Gus Dur menjadi jurinya sekitar tahun 1986 - 1987.
Meskipun lahir di Jawa Timur Gus Dur banyak menghabiskan waktu mencari ilmu di daerah Jawa Tengah yaitu Yogyakarta dan Tegalrejo. Kemudian tinggal di pesantren Tambak Beras Jombang. Sebelum akhirnya memilih melanjutkan studinya ke Mesir.

Abdurrahman Wahid melaksanakan pernikahan ketika berada di Mesir dengan SintaNuriyah, yang kemudian dikaruniai empat orang anak yaitu Alissa Qotrunnada Munawaroh, Zannuba Arifah Chafsoh, Annita Hayatunnufus dan Inayah Wulandari.

Sepulang dari Mesir Gus Dur memilih menjadi guru di Fakultas Ushuludin Universitas Tebu Ireng Jombang. Gus Dur kembali menekuni kegemarannya menjadi penulis dan kolumnis. Sampai tiga tahun kemudian diangkat menjadi sekretaris Pesantren Tebu Ireng.
Pengalaman Organisasi Gus Dur :
  • Aktif dalam kegiatan yang diadakan LSM Pertama di LP3ES dalam proyek pengembangan pesantren.
  • Mendirikan P3M di dorong oleh LP3ES.
  • Mendirikan Pesantren Ciganjur.
  • Wakil katib syuriah PBNU.
  • Ketua Dewan Kesenian Jakarta.
  • Menjabat Ketua umum PBNU hasil muktamar 27 Situbondo 1984, muktamar 28 di Yogyakarta 1989 serta muktamar Cipasung 1994.
Gus Dur sangat dikenal sebagai seorang tokoh yang kontroversional dimana setiap pemikirannya selalu bertentangan dan tidak sejalan dengan banyak tokoh lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar