Rabu, 02 Mei 2012

PERAWATAN INDUK HEWAN POSTPARTUM


Perawatan induk hewan setelah proses melahirkan tergantung pada kondisi umum induk, dapat diindikasikan pemberian infus larutan dextrose 5 % dalam saline atau larutan ringer’s dan penicillin atau antibiotik lain.
Bila kondisi induk hewan jelek pasca melahirkan dapat diperlukan transfusi darah atau pemberian preparat kortikosteroid.

Perdarahan uterus yang terjadi berlebihan setelah operasi sectio cesar, biasanya menunjukkan bahwa uterus gagal berkontraksi. Bila pemberian pituitary gagal memperbaiki kondisi maka dapat diberikan calcium gluconat secara intravena. Jika tindakan ini masih gagal untuk mengkontrol perdarahan setelah melahirkan ( post parturient haemorrhagea ), dianjurkan pemberian ergonovine maleate 0,125 - 0,25 mg per 20 - 30 lb berat badan. Segera setelah induk sanggup untuk merawat anaknya, maka anak hewan harus diberikan pada indukkarena anak memerlukan air susu sebagai makanan dan perawatan alami dari tubuh induk, kontak antara induk dan anak akan menstimulasi uterus induk untuk berkontraksi. Bila induk dalam kondisi baik maka dapat segera dibawa pulang dan pemilik hewan diberi petunjuk perawatan dan kemungkinan terjadi komplikasi setelah sectio cesar. Induk sebaiknya tidak diperbolehkan untuk banyak bergerak terutama berlompatan karena membuat jahitan terlepas yang dapat memicu terjadi infeksi sehingga proses kesembuhan menjadi lama. Jahitan kulit dapat dibuka setelah 10 hari.

0 komentar:

Posting Komentar