Rabu, 02 Mei 2012

OBSTRUKSI URETHRA


Obstruksi urethra pada anjing jantan dapat disebabkan oleh berbagai penyebab sebagai berikut :

  1. Batu urethra ( calculi urethra, urethra lithiasis ) merupakan penyebab yang paling sering terjadi. Calculi urethra berasal dari vesica urinaria yang biasanya kecil - kecil dan berjumlah banyak.
  2. Striktura ( penyempitan ) akibat dari kerusakan traumatic.
  3. Prosedur pembedahan yang pernah dilakukan sebelumnya,
  4. Keradangan.
  5. Neoplasma yang dapat menyebabkan obstruksi parsial sampai obstruksi total ( completa ) pada ujung urethra.
Pada sebagian besar kasus, gejala klinik baru menjadi jelas/nyata bila calculi tersangkut pada urethra bagian ujung caudal os.penis atau di daerah perineum pada level archus ischiadiscus yang menyebabkan obstruksi parsial atau completa aliran urin. Usaha untuk memasukkan catether biasanya tidak berhasil karena catether berhenti pada ujung caudal os.penis ( obstruksi bawah ) atau archus ischiadiscus ( obstruksi atas ) tempat kalkuli tersangkut. Penggunaan sonde logam yang dimasukkan ke urethra akan bertemu dengan kebuntuan pada daerah obstruksi dan memberi kesan sangat jelas dari logam yang bertemu batu.

Gejala klinik yang ditimbulkan akibat adanya calculi adalah :
  1. Anuria atau dysuria
  2. Tenesmus
  3. Distensi abdomen
  4. Distensi kandung kemih
  5. Uremia
Urethra pada semua species hewan jantan mempunyai perubahan yang tajam pada archusischiadiscus. Urethra muncul dari dasar pelvis bagian posterior berlanjut menuju ke arah bawah dinding abdomen. Pada archus ischiadiscus, urethra terletak di dalam muskulus Ischio-cavernosus dan bulbo-cavernosus. Kombinasi perubahan arah bersama - sama dengan dukungan muskulus menjadikan predisposisi archus ischiadiscus sebagai tempat untuk obstruksi oleh kalkuli kecil yang dihanyutkan dari vesica urinaria.

0 komentar:

Posting Komentar