Selasa, 08 Mei 2012

Jimmy Wales


Jimmy Donal Wales adalah pendiri YayasanWikimedia, organisasi nirlaba yang mengoperasikan proyek yang ada padaWikipedia.

JimmyWales
  • Lahir : 7 Agustus 1966 di Huntsville, Alabama, Amerika Serikat.
  • Nama Panggilan : Jimbo
  • Jabatan : Presiden dari Wikia, Inc.
  • Situs : blog.jimmywales.com
Wales lahir dari keluarga yang terbilang sangat sederhana Ayahnya adalah manajer toko kelontong, sementara Ibunya yang bernama Dorisserta neneknya Erma membantu mengurus sebuah sekolah swasta kecil. Wales muda bersekolah di tempat Ibu dan Neneknyamengajar tersebut, sekolah swasta ini menyatukan murid – muridnya kelas satuhingga kelas empat dan kelas limahingga kelas delapan dikarenakan kurangnya jumlah murid di sekolah tersebut.

Setelah lulus kelas delapan Wales masuk Radolph Schoolyang merupakan sekolah persiapan untuk masuk perguruan tinggi. Keluarga Walesmerupakan keluarga yang sangat menganggap penting pendidikan, oleh kerena itu meskipun biaya sekolah dianggap keluarga Wales mahal, mereka selalu berupaya agar Wales tetap bersekolah.

Wales menerima gelar sarjana keuangan dari Universitas Auburndan kemudian melanjutkan pendidikannya di Universitas Alabamamemperoleh gelar master dalam bidangkeuangan. Selanjutnya Wales mengikuti pendidikan doctoral di Universitas Indiana.

Sejak tahun 1994 hingga 2000 Jammy Wales bekerja sebagai direktur riset di Chicago Optiona Associates suatu perusahaan pialang bursa berjangka dan option di Chicago. Pada tahun 1996 Wales mendirikan situs portal pencari yang bernama Bomis yang menjual hal – hal yang bersifat erotis hingga pertengahan 2005. Pada Maret 2000 Wales mendirikan ensiklopedia yang bisa di sunting oleh khalayak umum yaitu Nupedia.com ( “ensiklopedia bebas” ).

Pada tanggal 15 Januari 2001 Wales atas dasar ide dari Larry Sanger meluncurkan ensiklopedia menggunakan piranti lunak wiki. Wikipedia adalah situs berbasis wiki sebagai fasilitas untuk membuat isi awal ensiklopedia yang dikerjakan oleh khalayak ramai dan kemudian dimasukkan ke Nupedia.

Pada pertengahan 2003 Walesmendirikan Yayasan Wikimedia yang merupakan perusahaan nirlaba yang berpusat di St. Petersburg untuk mendukung keberadaan Wikipedia.

0 komentar:

Posting Komentar