Selasa, 08 Mei 2012

KARL MARX


Karl Heinrich Marx adalah seorang filosofi serta pakar ekonomi politik dan teori kemasyarakatan dari Prusia. Karl Marx lahir di Trier, Jerman 5 Mei 1818 dan meninggal di London 14 Maret 1883. Marx menulis banyak hal semasa hidupnya,ia terkenal atas analisisnya terhadap sejarah terutama pertentangan kelas yang diringkas sebagai “Sejarah dari berbagai masyarakat hingga saat ini padadasarnya adalah sejarah tentang pertentangan kelas”,sebagaimana yang tertulis dalam kalimat pembuka dari Manifesto Komunis.



Karl Marx lahir dari keluarga Yahudi progresif di Trier, Prusia ( Jerman ). Lahir dari keturunan rabi, Ayahnya bernama Herschel. Karl Marx dijuluki sebagai bapak dari komunisme karena analisisnya yang sangat terkenal pada pembukaan buku “Communist Manifesto” tahun 1848. Marx percaya bahwa kapitalisme yang adaakan digantikan dengan komunisme, masyarakat tanpa kelas setelah beberapa periode dari sosialisme radikal yang menjadikan negara sebagai revolusikeditaktoran proletariat (kaum paling bawah di negara Romawi).

Karl Marx merupakan kaum terpelajar dan politikus. Marx menjalani sekolah di rumah sampai umur 13tahun. Setelah lulus dari Gymnasium Trier, Marx kemudian melanjutkanpendidikannya di Universitas Bonn di bidang hukum tahun 1835 tetapi karena prestasinya yang terus menurun akibat bergabung dengan Trier Tavern Club (sebuah klub minuman keras ), setahun kemudian ayahnya mendesak untuk pindah ke Universitas Friedrich Wilhelms di Berlin.

Karya – karya Karl Marx :
  • Manifest der Kommunistischen Partei
  • Achtzehnte Brumaire

0 komentar:

Posting Komentar