Selasa, 08 Mei 2012

Kamera Digital


Sejak kamera pertama kali diciptakan pada tahun 1826 perkembangnya sangat pesat dari tahunke tahun. Teknologi yang digunakan terus dikembangkan dengan tujuan menghasilkan kamera dengan hasil lebih baih dan simple. Puncaknya dengan penemuan kamera digital dengan terobosan teknologi dari penggunaan film ke system digital.

Kamera digital dan manual secara garis besar dan prinsip kerjanya adalah sama, perbedaannya selain adanya penggunaan layar LCD menampilkan perkiraan hasil obyek yang akan diambilgambarnya kamera digital juga meniadakan film seperti pada kamera manual dan diganti dengan komponen yang bernama CCD ( Charge Couple Device ). Sehinggajika pada kamera manual cahaya yang masuk mengenai film sedangkan pada kamera digital cahaya akan mengenai CCD untuk direkam gambarnya.

CCD ( Charge Coulped Device ) 
Adalah sebuah semikonduktor peka terhadap cahaya yang tersusun dari jutaan spot kecil yang disebut pixel. Ketika cahaya diterima CCD setiap pixel berubah menjadi gelombang elektrik yang memunculkan warna sesuai dengan panjang gelombang cahaya.
Ada juga kamera digital tertentu yangtidak menggunakan CCD ini tetapi memakai CMOS yang memiliki fungsi kerja samadengan CCD.

Kelebihan kamera digital :
  • Tidak memakai film.
  • Hasil pemoteretan yang bisa langsung dikoreksi.
  • Langsung dapat dikoneksi dengan komputer.
  • Kualitas gambar tidak akan menurun jika disimpan.
  • Mudah untuk disimpan dan dicetak.

0 komentar:

Posting Komentar