Rabu, 02 Mei 2012

PERAWATAN ANAK HEWAN KECIL POSTPARTUM


Anak hewan setelah dilahirkan badannya harus segera dibersihkan dan dikeringkan. Saluran pernafasan atas dibersihkan dari lendir dan cairan, terutama mulut dan hidung.

Pengeringan dilakukan dengan cara menggosok agak keras dengan arah dari bawah ke atas pada tubuh anak hewan memakai handuk, tindakan ini bertujuan untuk menstimulasi sirkulasi dan respirasi. Respirasi anak hewan yang baru dilahirkan dapat distimulasi secara alami oleh jilatan induk. 

Bila saluran pernafasan tersumbat lendir atau cairan dapat dibersihkan dengan memegang hewan pada bagian atas kepala menggunakan jari telunjuk disekitar lengan ( ekstrimitas anterior ) kemudian diayunkan ke bawah dengan harapan cairan/lendir dapat terbuang melalui gayacentrifugal. Anak hewan dalam kondisi kurang baik atau respirasi yang lemah dapat distimulasi dengan injeksi 0,1 ml coramine/nikethamine, doxapram ke dalam vena umbilicalis menggunakan jarum suntik ukuran kecil. Klem yang terpasang pada umbilical cord dilepaskan dan diperiksa terhadap adanya perdarahan, bila mungkin umbilical cord dapat diligasi. Anak hewan yang lemah dapat ditempatkan pada kotak hangat yang berisi oksigen murni. Semua anak hewan harus diperiksa terhadap adanya anomali congenital.

0 komentar:

Posting Komentar