Selasa, 08 Mei 2012

Kain Batik


Batik adalah kain bercorak yang dibentuk dengan alat yang disebut canting atau cap dengan menggunakan malam sebagai bahan pembentuk corak. Istilah batik berasal dari bahasa Jawayaitu “amba” yang mempunyai arti menulis atau menitik. Teknik yang biasadigunakan untuk proses membantik menggunakan canting atau cap dengan bahan pembuat warna yang membentuk corak dari malam ( wax ), malam in dituliskan diatas kain bertujuan untuk menahan pewarna masuk ke dalam serat kain, tekniksemacam ini disebut dengan istilah wax resist dying.
 Proses pembatikan hanya dapat diaplikasikan diatas kain – kain tertentu seperti katun, sutra dan wol,kain – kain tersebut harus memiliki serat alami dan tidak bisa dilakukan padaserat buatan atau polyester.

Seni membatik telah lama dilakukan oleh mayoritas wanita – wanita di Jawa di masa lampau.Batik tergolong kerajinan tangan yang memiliki nilai seni yang tinggi, proses pembuatannya membutuhkan tingkatkesabaran yang tinggi untuk itulah secara umum pekerjaan membatik dilakukanoleh wanita dari pada pria. Wanita memiliki tingkat kesabaran dan kerajinanyang lebih baik dari pria sehingga batik yang dihasilkan lebih bernilai jual tinggi. Kecuali batik bermotif “Mega Mendung” yang biasanya dikerjakan olehlaki – laki, karena coraknya yang tegas dan terkesan maskulin.

Sampai ditemukan teknik menggunakan cap yang disebut “Batik Cap”, memungkinkan pria untuk mengerjakan proses pembatikan.

Batik awalnya merupakan pakaian yang sering dikenakan pada lingkungan kerajaan, sehingga corak dan warna yang digunakansangat terbatas. Namun setelah adanya pengaruh dari asing batik mulai membuka diri untuk memodifikasi coraknya, hal ini sangat tampak pada corak pada batik –batik dari daerah pesisir. Corak – corak yang ada banyak dipengaruhi oleh pedagang Tionghoa yang kemudian memunculkan corak bergambar burung sepertiphoenix. BangsaEropa yang mempengaruhi batik dengan corak bunga – bunga, gedung dan alat transportasi serta warna yang lebih terang.

Batik telah berkembang sejak ribuan tahun yanglalu, banyak ditemukan di Asia seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, India,Srilanka dan Iran. Batik merupakan warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia berpusat di daerah Jawa, seperti yang telah ditetapkan oleh UNESCO.

Macam – macam batik ditinjau dari proses pembatikannya :
  • Batik Tulis : dilukis dengan menggunakan canting.
  • Batik Cap : coraknya dibentuk dengan cap atau mal yang terbuat dari tembaga.
Di Indonesia sendiri batik memiliki motif yang berbeda – beda sesuai dengan daerah asalnya. Batik Indonesia yang terkenalumumnya berasal dari daerah Yogyakarta, Solo serta beberapa daerah di JawaBarat, namun sebenarnya batik secara merata tersebar merata di seluruh Nusantara.

Proses Pembuatan Batik :
Kain sebagai bahan dasar batik berwarna putih dilukis atau ditulis dengan menggunakan alat yang disebut canting sebagai penanya dan cairan lilin sebagai tintanya, dapat juga dengan menggunakan kuas jika daerah yang dilukis relative lebar. Tunggu hingga cairan lilin tersebutmeresap dan kering. Kemudian celupkan kedalam cairan pewarna dan terakhir dicelupkan kedalam larutan kimia pelarut lilin.

0 komentar:

Posting Komentar