Selasa, 08 Mei 2012

MENJAUHKAN KOMPUTER DARI ANCAMAN ZOMBIE


Malware atau yang lebih dikenal Zombie supaya bisa menginfeksi komputer harus terlebih dahulu menemukan cara agar dapat terinstal. Beberapa object yang sering digunakan untukmenyamarkan Zombie adalah via email, jaringan peer-to-peer serta halaman situsweb. Beberapa Malware didesain sedemikian rupa agar menarik pengguna computer untuk membuka sehingga terjadilah instalasi Zombie tersebut. Walaupun Zombietelah terinstal, komputer korban akan tetap berfungsi normal, namun tanpadisadari komputer tersebut telah menjadi Zombie dan selalu aktif apabila komputer dinyalakan.

Terdapat beberapa kerugian ketika computer terinfeksi Zombie, antara lain lebih lambat jika komputer korban terhubung dengan jaringan internet dan jika terdeteksi menyerang situs web tertentu maka akan menyebabkan koneksi dengan jaringan internet tersebut bisa dihentikan oleh perusahaan jasa tempat korban berlangganan internet.

Untuk menhindari kerugian tersebut diatas adabeberapa hal yang sangat disarankan agar dapat menjauhkan komputer terpapar Zombie, sebagai berikut :
  1. Instal anti virus.
  2. Instal anti spywar.Tujuan untuk mengantisipasi kelemahan pertahanan komputer.
  3. Instal fire wall.Tujuan untuk mengontrol lalu lintas internet.
  4. Gunakan password yang sulit ditebak pada akun situs web.
  5. Apabila telah terinfeksi scan segera dengan anti virus.
  6. Langkah paling kritis jika anti virus tidak mampu mengatasi Zombie adalah re-instal ( install ulang ) siatem operasi.

0 komentar:

Posting Komentar