Selasa, 01 Mei 2012

HIPERPLASIA KELENJAR PROSTAT


Hiperplasia kelenjar prostat adalah suatu pertumbuhan yang cepat sehingga kelenjar prostat membengkak dengan penyebabnya diduga karena adanya ketidakseimbangan hormonal yaitu kadar testoteron yang tinggi dalam darah.

Pembesaran kelenjar prostat demikian hebat sehingga mengarah ke dalam rongga perut. Kelenjar prostat yang membesar mungkin rata, tetapi dapat juga membentuk benjolan yang berisi kista. Dinding kista dapat mengalami pengapuran. Jika terbentuknya benjolan tidak berisi kista maka kotoran yang keluar melaluipreputium bersifat nanah. Akan tetapi jika terbentuk kista maka kotoran yang keluar dari penis berwarna keabu-abuan atau kemerahan berisi darah.

Hiperplasia kelenjar prostat biasanya terjadi pada anjing yang berumur lebih dari lima tahun dan pada anjing jantan yang menderita kelainan kelenjar prostat ini sering disertai dengan konstipasi, hernia perinealis dan urin yang tertahan. Gejala lain yang tampak dari hiperplasia kelenjar prostat adalah penurunan berat badan dan anorexia. Hiperplasia kelenjar prostat menyebabkan retensi urine di dalam vesika urinaria dan dalam keadaan ini cenderung menyebabkan sistitis yaitu radang pada vesika urinaria. Pemeriksaan melalui rektal menunjukkan adanya pembesaran pada kelenjar prostat yang bersifat rata atau benjolan. Kondisi kelenjar bervariasi dari lunak sampai keras. Pada kondisi normal ukuran diameter kelenjar prostat 2,5 - 3 cm sedangkan pada kondisi hyperplasia dapat mencapai 5 - 6 cm atau lebih besar lagi bila ada kista di dalamnya.

Penanganan terhadap kasus hyperplasia kelenjar prostat ada tiga alternatif yaitu :
Pemberian preparat estrogen seperti stilbestrol untuk mengurangi pembesaran kelenjar melalui mekanisme penekanan sekresi gonadotropin dari kelenjar hipofisa anterior yang mengakibatkan atrofi sel leydig dan menghambat produksi testosteron.

Kastrasi akan menyebabkan hilangnya sumber androgen yang berakibat pengecilan kelenjar prostat. Dalam waktu 2 - 3 minggu setelah kastrasi maka kelenjar prostat mulai mengadakan pengecilan disertai atrofi, dan dalam waktu 6 - 8 minggu kelenjar prostat telah kecil.

Cara pembedahan dengan dua sayatan pada pembungkus kelenjar dapat menyebabkan pengecilan kelenjar, hilangnya rasa sakit dan mencegah tertahannya urin serta mempermudah defekasi.

0 komentar:

Posting Komentar